Widget merupakan fitur pendukung blog yang sangat bermanfaat dan banyak fungsinya, ada beberapa fitur yang sudah disediakan oleh blogspot sehingga kita tinggal menempatkannya pada lay out blog di tempat yang kita kehendaki, tapi ada juga fitur lainnya yang bisa ditambahkan secara manual oleh pemilik blog dengan cara memasukkan Script ke tempat yang sudah disediakan oleh blogspot. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang widget yang fiturnya belum tersedia di blogspot, sebagai contoh: iklan, statistik blog, share button, guest book, kalender, Jam dan lain-lain
Baiklah, langsung saja pada topik kita, berikut ini langkah -langkah untuk memasang widget blog di blogspot:
  1. Langkah pertama adalah login ke akun Blogger / Blogspot kita atau klik link: login akun blogger
  2. Pada menu dasboard cari menu "Tata letak"
  3. Pada halaman lay out blog (tata letak) Cari letak yang kita ingikan untuk menempatkan widget/Gadget kita ( misal pada side bar kiri atau kanan, header, atau di footer blog), kemudian Klik Tambah Gadget ( misal seperti No. 1 pada gambar berikut)

    Cari fitur "HTML/JavaScript"  kemudian klik tombol Tambah (+) seperti ditunjukkan oleh no. 2 pada gambar diatas.
  4.  Akan muncul jendela sebagai berikut:

    isilah judul widget pada kotakjudul  (yang ditunjukkan no. 1  pada gambar diatas), kemudian paste script widget yang akan kita pasang pada kotak konten (yang ditunjukkan no. 2  pada gambar diatas) 
  5. Klik tombol "simpan" yang berwarna orange.
  6.  Pada halaman Lay out kita bisa memindahkan posisi widget yang telah kita buat dengan cara di drag dan geser/pindahkan ke tempat yang kita kehendaki, 
  7. Langkah terakhir klik tombol "simpan Setelan" yang berwarna orange yang terletak di bagian atas halaman lay out ( Tata letak)
Demikian postingan mengenai cara memasang widget / gadget blog di blogspot, semoga bermanfaa.

berikut artikel lainnya: