Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Google Webmaster ToolSetelah pada postingan sebelumnya telah saya share sebuah Tutorial Urutan Langkah dalam Membangun Blog SEO Friendly  maka langkah berikutnya adalah Mendaftarkan & Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool, tujuannya adalah agar blog kita cepat terindex di mesin pencari (Search Engine) Google.

Dengan terdaftarnya suatu blog atau web Google Webmaster maka diharapkan Blog tersebut akan terindex dengan oleh Google, sehingga pada saat pengguna internet melakukan pencarian dengan Mesin Pencari Google untuk kata kunci yang sesuai dengan Blog kita, maka SE Google akan mengarahkannya ke halaman blog kita pada halaman hasil pencarian (SERP) Google

Google Webmaster Tool merupakan layanan gratis yang diberikan oleh Google untuk para Blogger atau Webmaster dalam mengoptimalkan Blog atau website miliknya agar cepat terindex oleh Mesin Pencari Google (Google Search Engine).

Berikut ini langkah - langkah untuk mendaftarkan sebuah blog dan memverifikasinya di Webmaster Google:
  1. Langkah Pertama adalah kunjungi ke situs www.google.com/webmasters perhatikan gambar berikut:Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool
  2. Klik pada tombol warna bitu untuk masuk ke layanan google webmaster, Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool
    login / masuk ke akun Gmail Anda, kemudian klik tombol "Sign in"
  3. Akan Muncul Tampilan seperti berikut in, kemudian kli Tombol "Add Site" (warna Merah),
    Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool
    langkah berikutnya adalah kita masukkan alamat url blog kita, kemudian klik "continue"
  4. Kita memasuki halaman verification ownership, pada langkah ini terdapat beberapa cara, kita bebas memilih salah satu cara yang kita anggap paling mudah, adapun cara untuk verifikasi Blog ini antara lain :
    • Verifikasi dengan cara download HTML verification file. Kemudian upload file ke public_html di hosting blog dengan menggunakan FileZilla. Kemudian klik VERIFY.
    • Pilih menu Alternate methode, Verifikasi dengan cara menambahkan META Tag kedalam homepage blog kita, caranya adalah: Klik (centang) Tambahkan tag meta ke beranda situs Anda Login ke Blogger - masuk ke dashboar – pilih template – edit HTML – klik check box Expand Template Widget – Paste kode meta tag verifikasi tersebut dan letakkan di bawah kode dan diatas – simpan template.
  5. Setelah kode meta tag di simpan di dashboar blog, klik VERIFY di google webmaster.
Demikian postingan mengenai cara mendaftar dan memverifikasi blog ke Google Webmaster Tool. semoga bermanfaat
Artikel yang mungkin anda cari: