Pada postingan sebelumnya telah saya bahas mengenai bagaimana cara membuat hyperlink/link pada postingan baik menggunakan Tag HTML Link dasar maupun dengan memanfaatkan fasilitias yang disediakan oleh blogspot di post editor, maka pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai Tips bagaimana cara membuat atau lebih tepatnya menggunakan Atribut HTML link pada Blogspot agar SEO Friendly.

Sebagaimana telah kita bahas bahwa Tag dasar HTML link (hyperlink) adalah tag <a> dan ditutup dengan tag </a> dengan atribut href yang untuk menghubungkan ke alamat url dari halaman Web/Blog tujuan, sedangkan LINK TEXT yang digunakan (Anchor text) terletak diantara kedua tag tersebut, sehingga kode HTML untuk linknya menjadi:
<a href="url_tujuan">anchor text<a/>
Adapun beberapa atribut dari HTML link yang sering digunakan pada sebuah Web atau Blog baik untuk tujuan agar Blog SEO Friendly, maupun tujuan lainnya antara lain adalah:
  1. Title=”value”
    Atribut Title merupakan bagian dari link yang bertujuan untuk memberi judul / keterangan pada sebuah link. Sedangkan "Value" dapat diisi apa saja yang menggambarkan isi dari link tersebut, tapi disarankan disesuaikan dengan anchor text, ketika link tersebut tersentuh oleh mouse maka akan muncul keterangan link (value) tersebut.
    Adapun cara penulisan atribut title adalah sebagai berikut:

    <a href="Alamat_url_tujuan" title="Anchor text">Anchor text</a>
    Contoh Penggunaannya:
    <a href="http://jual-rebanamarawis.com" title="JUAL ALAT MUSIK MARAWIS DAN REBANA">JUAL ALAT MUSIK MARAWIS DAN REBANA</a>
    Hasilnya akan terlihat seperti ini: (silahkan geser mose ke atas link, kemudian perhatikan keterangan yang muncul merupakan atribut title)
    JUAL ALAT MUSIK MARAWIS DAN REBANA
    Tips: Anchor text mempunyai kedudukan yang lebih istimewa daripada teks biasa dimata Search Engine(SE), maka manfaatkanlah kesempatan ini untuk membuat internal link ke halaman lain dari web / Blog Anda dengan memasukkan keyword utama pada anchor text halaman tersebut diindex oleh SE

  2. Rel="Value"
    Atribut rel menunjukan keterkaitan antara suatu halaman dengan halaman yang tujuan dari link, fungsi dari atribut rel ini untuk memberikan informasi kepada robots search engine mengenai link tersebut.
    Adapun value dari atribut rel yang paling sering digunakan adalah "nofollow" yang berfungsi untuk memberitahu kepada robot search engine agar mengabaikan link ini, sehingga Robot SE tidak mengcrawl dan mengindex link ini.
    Sebagaimana kita ketahui bahwa Dalam dunia SEO, jika suatu Blog yang mempunyai jumlah link external (outbound links) yang mengarah ke web/blog lain jauh melebihi jumlah link web/blog lain yang mengarah ke web/blog tersebut (inbound link) maka akan berpengaruh buruk terhadap blog tersebut karena akan dianggap sebagai ladang link (link farm) oleh SE, Akibatnya blog tersebut akan dianggap spamming oleh SE dan ujungnya blog anda bisa dibanned oleh SE atau deindex blog sehingga trafficnya pasti akan jatuh.
    Untuk mwngantisipasi hal tersebut, maka tidak sedikit para Blog Master memasang atribut ini. Adapun cara penulisan atribut Rel="Value" adalah sebagai berikut:

    <a href=”Alamat_URL_tujuan” rel=”nofollow”>anchor text</a>.

  3. Target="Value"
    Atribut Target berfungsi sebagai perintah kepada browser agar menempatkan halaman URL tujuan sesuai dengan "Value" yang kita tentukan.
    Adapun "Value dari atribut ini antara lain:
    • Target="_Self"
      Secara umum (Default), jika kita tidak mendefinisikan atribut ini, maka Browser akan menempatkan halaman Url tujuan ke Windows dan Tab yang sama dengan halaman asalnya. sehingga secara otomatis visitor meninggalkan halaman/posting artikel yang sedang dibaca menuju halaman baru dari link yg di-klik oleh visitor,
      Penulisan kode HTML nya adalah:

      <a href="url_tujuan">anchor text<a/>
    • hasilnya akan sama dengan:
      <a href="URL_TUJUAN" target="_self">ANCHOR TEXT</a>
    • Target="_blank"
      Target="_blank" ini memberikan perintah kepada kepada browser agar menempatkan halaman URL tujuan pada Tab yang berbeda tetapi masih dalam Windows yang sama.
      Penulisan Atribut ini adalah:

      <a href="URL_TUJUAN" target="_blank">ANCHOR TEXT</a>
      Contoh Penggunaan:
      <a href="http://jual-rebanamarawis.com" target="_blank">JUAL ALAT MUSIK MARAWIS DAN REBANA</a>
      Hasilnya akan seperti ini:
      JUAL ALAT MUSIK MARAWIS DAN REBANA
    • Target="_Parent"
      Silahkan dicoba-coba sediri, dan simpulkan sendiri
    • Target="_Top"
      Silahkan dicoba-coba sediri, dan simpulkan sendiri

  4. Style=”Value”
    Atribut Style berfungsi sebagai perintah kepada browser menampilkan style pada link Url Tujuan, misalnya menentukan warna link, warna background, decoration text, ukuran font dan lain-lain