Selamat datang di blog kami yaitu jual alat musik marawis, rebana, dan hadrah, Pada postingan kali ini saya akan sharing Tips bagaimana cara melakukan sebuah riset Keyword yang Efektif. Sebelum kita membuat blog, hal yang perlu kita pertimbangkan adalah menentukan keyword yang tepat untuk blog yang akan kita buat. ( sebaiknya baca postingan sebelumnya yang berjudul : Tutorial Cara Membuat Blog SEO Friendly )

Riset keyword merupakan suatu hal yang sangat diperlukan dalam pemilihan keyword sebuah blog/situs. Keyword yang tepat memungkinkan suatu blog menduduki peringkat utama (halaman petama) pada hasil pencarian search engine seperti Google, Yahoo, MSN dsb, sedangkan memasang keyword yang salah, mengakibatkan search engine dan customer tidak dapat menemukan blog/website kita.

Berikut langkah – langkah dalam pemilihan keyword:
  • Menimbang, memperhatikan dan menentukan Topik utama, bidang atau kategori materi/konten yang hendak kita tulis dalam blog kita bisa berupa hobi atau pengetahuan yang kita kuasai. Hal ini sangat diperlukan agar kita bisa mengembangkan blog kita dengan baik, misal bidang teknologi informasi, olahraga, kesehatan, dll.

  • Membuat daftar beberapa kata, frase atau kalimat yang relevan dan populer dengan Topik yang kita pilih tadi.
    Contoh: misal kita memilih bidang teknologi. maka kita daftarkan kata – kata seperti, gadget information site, information about technology, dll.

  • Setelah kita memiliki daftar tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan research dari daftar kata tersebut dengan menggunakan tool seperti google adword keyword atau market samurai. Cek mulai dari trafiknya, kompetitor, kemungkinan penghasilan, dan kemampuan anda.
    Untuk tahap ini, berikut beberapa tool yang saya sarankan untuk digunakan:

    1. Google adword keyword (gratis)

    2. https://freekeywords.wordtracker.com/

    3. http://www.semrush.com/

    4. http://www.seomoz.org/keyword-difficulty/

    5. http://www.seochat.com/seo-tools/keyword-difficulty/
  • Inventarisir semua kata dan frase atau kalimat yang paling populer (paling sering dicari) tapi dengan persaingan/kompetitor yang serendah mungkin, potensi penghasilan yang tinggi (prioritas berikutnya) dan jangan lupa sesuaikan juga dengan tingkat kesulitan dalam membuat artikelnya.

  • Langkah terakhir adalah sampai pada kesimpulan tentang kata atau frase mana saja yang hendak kita jadikan keyword untuk blog kita.