Pada postingan yang berjudul  Marawis dan Rebana dari Kayu Mahoni  kali ini saya akan jelaskan mengenai  kayu Mahoni sebagai bahan dasar pada pembuatan alat musik marawis dan rebana yang kami jual.

Kayu Mahoni merupakan salah satu jenis  kayu yg paling banyak di cari untuk dijadikan sebagai bahan baku berbagai jenis alat musik antara lain berbagai jenis alat musik tradisional seperti rebana, jimbe, marawis, kendang dll juga alat musik modern seperti gitar/bass seperti Pabrikan Gibson , PRS dll.

Kayu Mahoni termasuk dalam kategori kayu yang memenuhi standart bahan yg cukup bagus . sperti  Tekturnya, berat jenis, serat kayu, kekuatan kayu & daya resonansi yg baik, Kayu ini juga termasuk kayu yang mudah diolah dan dibentuk, jika di gergaji atau diolah tidak mudah sompal & rapih . tidak berbulu. kayu ini masuk hitungan kayu terbaik untuk pembuatan berbagai jenis alat musik

Kayu MAHONI disebut juga Magohany wood merupakan kayu  kayu yang banyak dijumpai dan tumbuh di Indonesia, Mahoni berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini masuk ke Indonesia pada tahun 1872 melalui India, kemudian dikembangkan secara luas di pulau Jawa sekitar tahun 1892-1902..

Tanaman ini tumbuh dengan baik pada ketinggian 0 - 1000 m dari permukaan laut. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian 40 m dengan diameter batang mencapai lebih dari 100 cm. Kayu mahoni dapat  digunakan untuk mebel, vinir, alat olah raga, alat musik dan keperluan bangunan.  Agar diperoleh kayu yang berkualitas,  kayu ini dipanen setelah berumur 30 tahun atau lebih.

Demikian sekilas mengenai Kayu mahoni yang digunakan sebagai bahan utama Marawis dan rebana, semoga dapat bermanfaat.