)
Selamat datang di: www.jual-rebanamarawis.com ( PUTRA PENDAWA )
Toko / Jual Alat Musik Online dan COD (Cash On Delivery)
Sedia Layanan Antar & bayar di tempat khusus wil Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dan Sekitarnya
Terima Jasa Servis / Perbaikan

Mengatasi Komputer ( PC ) Restart Sendiri akibat Overheat Processor

KOMPUTER RESTART
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan Selamat datang di blog jual alat musik marawis, rebana qosidah, hadrah, serta aneka bass hadroh ini. Sebenarnya saya bukanlah seorang teknisi komputer, juga bukan ahli IT, Belajar komputer secara khusus pun belum pernah saya jalani, pengetahuan saya tentang komputer awalnya hanya sebatas pengguna saja.

Adapun tujuan saya menulis kali ini adalah untuk sekedar sharing / berbagi pengalaman yang pernah saya alami di tambah pengalaman dari rekan - rekan saya baik dari dunia nya maupun di dunia maya ( tapi bukan dunia arwah ataupun roh halus ya...). Alhamdulillah berkat informasi yang saya peroleh dari rekan-rekan saya itulah saya bisa mengatasi berbagai masalah yang pernah terjadi pada komputer saya.

Kali ini saya akan sharing mengenai masalah komputer yang mengalami restart sendiri, kira - kira begini ceritanya, Pada suatu malam ketika saya sedang mengerjakan tugas tiba - tiba komputer saya mengalami restart sendiri, kemudian begitu muncul windows sudah restart lagi dan setersusnya. karena tugas itu harus selesai malam itu juga dan sepertinya tidak mungkin saya membawa ke tempat servis komputer, karena disamping sudah malam, jarak tempat servis juga cukup jauh dari rumah sehingga akan banyak menghabiskan waktu di jalan, maka dengan terpaksa saya pun memutuskan untuk mencoba cari tahu penyebabnya dan memperbaikinya sendiri ( kalau bisa sih... )

Setelah saya cabut semua kabel yang menghubungkan ke CPU (karena tahut kesetrum) lalu saya buka penutup CPU nya dan setelah saya perhatikan saya menemukan sesuatu yang mencurigakan yaitu banyaknya debu yang menumpuk pada sirip-sirip Pendingin Processor, dan kipas kipas angin (fan) pada pendingin Processor, untuk meyakinkan apakah kecurigaan saya benar maka saya colokkan kabel power ke stop kontak dan CPU pun saya nyalakan, ternyata kipas angin pendingin processornya berputar sangat lambat karena banyaknya debu yang menempel pada kipas angin. akhirnya saya beranggapan bahwa banyaknya debu yang menempel pada kipas angin dan sirip-sirip pendingin Processor lah penyebab masalah ini.

Langkah berikutnya saya cabut kabel power, kemudian saya lepas pendingin processor beserta kipasnya kemudian saya bersihkan semua debu yang menempel pada kipas dan sirip pendingin processor. Setelah saya bersihkan kemudian saya pasang lagi ( walaupun agak susah payah, maklum baru pertama kali bongkar pasang kipas)

Setelah terpasang dengan benar kemudian saya colokkan kabel power ke CPU dan kabel yang menghubungkan ke monitor, kemudian saya nyalain lagi CPU nya, dan Alhamdulillah ternyata putaran kipasnya sudah normal lagi. Komputer pun sudah bisa booting, dan setelah di tunggu agak lama dan koputer tidak restart lagi, barulah saya yakin bahwa masalah sudah terselesaikan, baru kemudian tutup casing CPU dipasang kembali. Seraya mengucap Alhamdulillah, komputer saya sudah normal lagi.

KESIMPULAN

Dari pengalaman yang saya ceritakan tersebut diatas maka dapat saya simpulkan bahwa
salah satu penyebab komputer restart sendiri adalah Procsesor yang terlalu panas ( over heat) Hal ini disebabkan karena proses pendinginan Processor yang tidak berfungsi dengan baik antara lain karena:
  • Putaran kipas yang lambat menyebabkan sedikitnya volume udara yang mengalir (sirkulasi udara yang sangat minim) sehingga proses perpindahan panas dari processor ke lingkungan menjadi terganggu/lambat.
  • Menumpuknya debu yang menempel pada sirip pendingin Processor, dimana Sirip-sirip disini berfungsi sebagai konduktor untuk memindahkan panas dari processor ke udara sekitar, sedangkan debu bersifat isolator (tidak bisa menghantarkan panas)
Sebenarnya temperatur processor bisa dideteksi atau dimonitor sehingga kejadian overheat seperti kasus tersebut bisa antisipasi sebelumnya. adapun untuk mendeteksi temperatur procsesor antara lain:
  • Mengecek Temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS
  • Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor (dapat di download disini)
Adapun Penyebab Komputer sering restart sendiri yang lain adalah:
  • processor trouble.
  • bios trouble.
  • Power Supply yang kekurangan daya
  • VGA Card trouble.
  • Hardisk bad sector
  • RAM trouble.
  • kapasitor yang sudah menggelembung
  • kapasitor kering ( aus)
  • voltase listrik droup ( dibawah 200 volt )
  • Software yang diinstal tidak didukung oleh hardwarenya
demikian postingan di blog jual alat musik marawis, dan rebana kali ini yang berjudul Mengatasi Komputer ( PC ) Restart Sendiri akibat Overheat Processor , semoga bisa bermanfaat.

0 komentar:

Share Rebana Marawis on:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More