Pada postingan kali ini saya tidak membahas sesuatu yang berhubungan dengan promosi jual alat musik marawis, rebana qosidah, hadrah, maupun aneka bass hadroh. Kali ini saya akan sharing tips bagaimana Cara Menampilkan Kode HTML dalam Postingan Blog.
Seperti pada postingan saya sebelumnya yang berjudul Tips Memasang iklan di body / bawah judul postingan pada postingan tersebut saya menampilkan kode HTML antara lain:
<p><data:post.body></p>
<div class='post-body entry-content'>
dll

untuk menampilkan kode-kode HTML dalam postingan, memang diperlukan tips khusus, karena jika kita menuliskannya langsung, maka pada postingan tidak akan muncul kode HTML yang kita maksud, hal ini karena kode tersebut dianggap sebagai perintah yang kemudian akan dijalakan sesuai dengan arti perintah dari kode tersebut, atau dengan kata lain terdapat "salah paham" padahal maksud kita adalah ingin menampilkan kode tersebut sebagai text (bukan sebagai perintah) ke dalam postingan. Sehingga agar tidak salah paham maka kita kasih tahu bahwa masksud kita adalah menampilkan kode tersebut sebagai text biasa bukan sebagai perintah. Adapun beberapa cara yang dapat kita lakukan Untuk menampilkan text berupa kode HTML ke dalam postingan antara lain:
  1. Mengganti(menterjemahkan) kode HTML secara manual antara lain sbb:
    • Untuk menampilkan karakter < di ganti dengan &lt;
    • Untuk menampilkan karakter > di ganti dengan &gt;
    • Untuk menampilkan karakter " di ganti dengan &quot;
    • Untuk menampilkan karakter ' di ganti dengan &#039;
    • dan lainnya
  2. Menggunakan text Area, caranya adalah dengan memasukkan kode berwarna merah sebagai berikut:

    <textarea style="height: 30px; width: 400px;">Masukkan text/kode html disini</textarea> contoh:
    <textarea style="height: 30px; width: 400px;"><data:post.body></textarea>

    hasil tampilannya sbb:

    contoh:

  3. Keterangan:
    • Aturlah height = tinggi kolom pada text area sesuai keperluan, pada contoh diatas 30px
    • Atur juga width = lebar kolom pada text area, pada contoh diatas 400px

  4. Mengkonversi / parse dengan menggunakan bantuan website penyedia layanan parse HTML code antara lain : http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php
    Cara ini merupakan cara yang paling simpel, kita hanya meng copy Kode yang ingin kita tampilkan kemudian buka web diatas dan paste pada kotak yang tersedia kemudian klik Tombol Parse (warna merah). Copy hasilnya dan paste pada postingan kita. Selesai deh...