Bagi seorang Blogger walaupun masih pemula seperti saya istilah CSS sebenarnya sudah tidak asing lagi, kita sering membaca Artikel atau Postingan mengenai CSS, bahkan kita sudah sering kali menggunakannya pada saat kita memodifikasi template blog kita, terutama pada saat kita mengubah tampilan dari blog kita, misalkan dengan mendefinisikan fonts (huruf), colors (warna), margins (ukuran), latar belakang (background), bullet/list, hyperlink, dan lain-lain.

Pada postingan kali ini saya mengajak para blogger pemula untuk mempelajari CSS dari awal, agar kita bisa memahami dengan baik mengenai CSS sehingga kedepannya kita bisa menggunakan serta memodifikasi sendiri template blog ataupun website kita sesuai selera dan keinginan berdasarkan kreativitas kita sendiri.


CSS (Cascading Style Sheet) merupakan sebuah bahasa untuk mengatur tampilan halaman website atau blog. dengan mengontrol format dari tag HTML. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Aplikasi MS Word, kita dapat mengatur tampilan dari Word Document secara otomatis dengan cara mengatur format  pada Style Dokumen seperti Title, Subtitle, heading, paragraf, bullet/list  hyperlink dan lain-lainnya. demikian juga pada tampilan  halaman Website/blog, kita dapat mengaturnya dengan mengubah format tag HTML tertentu melalui Style Sheet (CSS) dan untuk selanjutnya menjadi pengaturan default untuk tag-tag tersebut.

Kita dapat mendefinisikan sebuah Style / CSS yang dapat digunakan secara berulang-ulang untuk keseluruhan dokumen-dokumen HTML pada halaman web. dengan cara mengelompokkannya berdasarkan blok katergori tertentu. sehingga jika kita ingin mengedit/menambahkan nya, maka kita tinggal mengedit pada style / CSS tersebut.

Demikian postingan kali ini mengenai pengertian / definisi dari CSS, adapun bagaimana cara menuliskan CSS, dan lainnya akan saya bahas pada postingan berikutnya.

Tutorial Blogspot
  1. Cara Membuat Blockquote pada Posting Blog dengan CSS
  2. Cara Membuat Efek Shadow pada Gambar Posting Blog
  3. Cara Membuat Gambar Animasi dengan Efek Hover CSS
  4. Membuat Efek Shadow Gambar Widget Blog
  5. Cara Membuat Auto Read More (otomatis) di Blog tanpa Kode Javascript