Buku Tamu atau Guest book, merupakan media yang sangat efektif  sebagai sarana berkomunikasi antara admin blog dengan para pengunjungnya, atau antar sesama pengunjung suatu blog. Berbeda dengan kotak komentar pada setiap artikel yang lebih bersifat khusus sesuai dengan tema artikel, Buku tamu ini bersifat umum, sehingga pengunjung maupun admin bebas menuliskan apa saja tanpa dibatasi oleh tema. baik berupa kritik, saran, komentar secara umum atau hanya sekedar menyapa.

Biasanya para Blogger memasang buku tamu pada tepat yang mudah di jangkau atau ditemukan oleh para pengunjungnya, yaitu pada side bar, atau footer pada halaman utama (home page) blognya, namun karena alasan tertentu, biasanya karena pertimbangan loading blog yang sudah berat, maka ada bloger ( termasuk blog ini) memasangnya pada halaman postingan atau laman Blog dengan memasang link pada halaman utama agar mudah ditemukan oleh pengunjung.

Sebenarnya terdapat banyak website yang menyediakan layanan Buku Tamu secara gratis antara lain shoutbox, shoutmix, Cbox dll, namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satunya saja yaitu Cara memasang Buku tamu di blog dengan menggunakan layanan Cbox.


Adapun Cara buat Buku Tamu (Cbox) di Blog adalah sebagai berikut:
  1. langkah pertama adalah mendaftar ke situs Cbox 
  2. Mengisi form berikut ini:
  3. Cbox untuk Blog Anda sudah jadi, untuk mengambil kode script nya silahkan login ke Cbox dengan usrname dan pasword yang Anda daftarkan tadi.
    Setelah login akan nampak halaman control panel, kemudian klik menu "Publish" seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut
  4. Copy kode yang ditunjukkan seperti pada gambar berikut:
  5. Kita sudah mendapatkan kode Cbox untuk buku tamu, selanjutnya jika kita inigi memasangnya ke widget baik di side bar maupun di footer, maka lakukan seperti pada postingan "cara memasang widget / gatdet blog di blogspot" yang telah dibahas sebelumnya. 
Demikian postingan Cara buat Buku Tamu (Cbox) di Blog kali ini semoga bermanfaat


 

informasi produk kami yang lainnya: