Pada postingan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara membuat Judul Posting Blog agar SEO Friendly khususnya  pada Blog yang berplatform Blogspot, sehingga diharapkan postingan kita akan mempunyai peluang besar untuk masuk ke halaman utama pada SERP Google maupun mesin pencari lainnya.

Postingan kali ini merupakan informasi tambahan dari postingan sebelumnya  yang berjudul Tips Memilih/Menentukan Alamat URL dan Judul Blog SEO Friendly , dimana pada postingan tersebut telah di bahas mengenai alamat url dan Judul halaman /postingan sebuah Blog mempunyai posisi yang penting di mata Searh Engine sehingga keduanya mempunyai peranan yang sangat besar terhadap masuknya halaman blog pada halaman utama SERP Google dan lainnya.

Berikut ini tips cara membuat Judul Posting Blog agar SEO Friendly khususnya  pada Blog yang berplatform Blogspot  ( versi saya ) berdasarkan  pengalaman pribadi.
  1. Pilihlah judul postingan yang se menarik mungkin, atau yang sedang populer saat postingan dibuat.
  2. Menentukan kata kunci (keyword) yang hendak di bidik, bila perlu lakukan riset dengan menggunakan tool yang tersedia.
  3. Membuat beberapa alternatif  judul posting dengan menggunakan kombinasi beberapa keyword yang dipilih (sepadat mungkin), adapun jumlah karakter untuk judul blog maksimal yang masih dapat di baca/Crawl oleh mesin pencari adalah  64 karakter.
  4. Sedangkan jumlah karakter untuk alamat URL  Blog dengan platform Blogspot adalah 39 karakter, sehingga jika judul posting yang ditulis melebihi 39 karakter maka kata yang mempunyai karakter pada urutan ke-40 dan seterusnya akan terpotong dan tidak akan masuk kedalam URL. oleh sebab itu maka letakkan kata yang utama ( keyword) di awal judu blog dan hindari kata yang tidak terlalu penting, sehingga url yang terbentuk padat dengan kata kunci, perhatikan contoh berikut:
    1. Pada saat saya membuat postingan dengan judul: Cara Membuat Link Text Berkedip di Blogspot maka url yang terbentuk adalah: http://www.jual-rebanamarawis.com/2012/05/cara-membuat-link-text-berkedip-di.html , Kata Blogspot terpotong dan  tidak masuk ke dalam alamat url halaman blog karena kata blogspot mengandung Karakter yang terletak pada urutan ke - 40 (melebihi 39) karakter tersebut adalah S (yang saya cetak tebal dan warna merah pada kata blogspot, 
    2. Jika judul posting saya ubah menjadi Cara Membuat Link Text Berkedip di Blog maka url yang terbentuk adalah: .... /2012/05/cara-membuat-link-text-berkedip-di-blog.html
    3.  Pada saat saya akan memposting dengan judul Cara Membuat Readmore Otomatis di setiap postingan Blog , jika saya langsung menuliskan judul tersebut maka url yang akan terbentuk adalah ..... /cara-membuat-readmore-otomatis-di.html  karena karakter p pada kata setiap terletak pada urutan ke-40, sehingga kata setiap dan sesudahnya pasti akan terpotong dan tidak masuk kedalam alamat URL halaman tersebut, oleh karena itu pada saat pertama kali memposting ambil kata-kata yang penting (keyword) dan tuliskan didepan dan hitung jumlah karakternya hingga 39 karakter. misalkan saya pilih kata cara membuat readmore otomatis di blog (jumlah karakter 37, sehingga tidak ada kata yang terpotong) sehingga alamat url yang terbetuk adalah http://www.jual-rebanamarawis.com/2012/06/cara-membuat-readmore-otomatis-di-blog.html
  5. Publish postingan tersebut, dan jika diperlukan editlah judul postingan, dan masukkan kata- kata yang yang tiidak masuk ke dalam url, tetapi masih diperlukan agar terbentuk judul postingan blog yang menarik dan enak dibaca.

Demikian postingan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara membuat Judul Posting Blog agar SEO Friendly khususnya  pada Blog yang berplatform Blogspot, semoga bermanfaat.

Tutorial blogspot lainnya:

  1. CARA MUDAH MEMBUAT BLOG DI BLOGSPOT
  2. Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool
  3. Cara Daftar/Claim dan Verifikasi Blog di Alexa
  4. Cara Jitu Meningkatkan Google Pagerank Blog
  5. Cara Kompres CSS, HTML, JavaScript Template Blog
  6. Cara Kompressi Gambar Agar Loading Blog Cepat
  7. Cara Memasang Widget Statistik Whos Amung Us
  8. Cara Memasang widget alexa di blog (blogspot)
  9. Cara Membuat Auto Read More (otomatis) di Blog tanpa Kode Javascript
  10. Cara Membuat Bullets dan Numbering Tag HTML pada Posting Blog
  11. Cara Membuat Daftar Isi Blogger di Widget atau Postingan
  12. Cara Membuat Hyperlink Text pada postingan Blogspot
  13. Cara Membuat Kode HTML Link Gambar pada Blogspot
  14. Cara Membuat Link Gambar Berkedip di blogspot