Sebagaimana sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya yaitu Cara Memasang/Memasukkan kode CSS di Blog bahwa Code CSS dapat disimpan dalam sebuah file dan di upload di hostingan sendiri. maka pada postingan kali ini saya share bagaimana cara menggunakan file CSS Eksternal yang dapat berfungsi untuk Mempercepat Loading Blog

Sebagaimana sudah kita bahas pada postingan sebelumnya bahwa tujuan dari penggunaan CSS dalam template blog adalah untuk mendapatkan, mengatur tampilan blog, sehingga dalam praktenya kita membutuhkan banyak kode CSS  agar diperoleh tampilan blog yang sesuai dengan keinginan  kita, namun jika terlalu banyak memasang ode CSS maka akan berakibat pada besarnr file template blog kita sehingga Loading blog akan terasa berat dan akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Sedangkan para pengunjung Blog dan juga Search Engine sangat tidak menyukai suatu blog/website yang loadingnya berat dan lama, sehingga efeknya akan berpengaruh buruk pada trafic blog juga posisi blog pada SERP.

Salah satu solusi untuk mempercepat loading blog yang menggunakan banyak Kode CSS adalah dengan cara menggunakan / memasang kode CSS Eksternal, dengan cara ini Kode CSS akan disimpan dalam file tersendiri dan diupload pada hosting tersendiri pula, adapun penggunaannya dalam template Bog adalah hanya dengan memasang sedikit kode CSS untuk memanggil file CSS Eksteral tersebut.

Adapun Cara membuat dan menggunakan file CSS eksternal adalah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi word editor, misalnya word pad
  2. Salin / Copy kode CSS yang terdapat dalam template Blog kita, misalnya:
  3. Paste pada aplikasi notepad, kemudian simpan dengan nama file dengan ekstensi .css misal : file-rebana.css. Perhatikan gambar berikut :
    CSS Eksternal Mempercepat Loading Blog
  4. Upload file css tersebut ke hosting tersendiri. kita dapat menguploadnya ke hostingan http://code.google.com/hosting/ secara gratis. untuk langkah-langkah bagaimana mengupload file ke hostingan google code silahkan klik pada postingan cara mengupload javascript hostingan sendiri dengan google code 
  5. copy alatmat url dari file css yang telah kita upload tadi, misal http://putra-pendawa.googlecode.com/files/file-rebana.css  paste pada nptepad untuk keperluan arsip/backup 
  6. Langkah berikutnya adalah kembali ke Template bloge kita, cari kode css yang hendak kita ganti menjadi css eksternal
  7. Hapus kode CSS yang tadi telah kita simpan dalam file css eksternal, dan ganti dengan kode untuk memanggil file css eksternal adapun kodenya sebagai berikut:
    <link rel='stylesheet'
    href=’http://putra-pendawa.googlecode.com/files/file-rebana.css'
    type='text/css'/>
  8. Lihat pratinjau  blog, jika sudah ok maka Simpan template Blog dan lihat hasilnya
Demikian postingan mengenai cara membuat CSS Eksternal Mempercepat Loading Blog, semoga bermanfaat,

Tutorial lainnya yang terkait:
  1. Cara Memasang/Memasukkan kode CSS di Blog 
  2. Cara Membuat Blockquote pada Posting Blog dengan CSS 
  3. Cara Membuat Efek Shadow pada Gambar Posting Blog
  4. Cara Membuat Gambar Animasi dengan Efek Hover CSS 
  5. Cara Menuliskan Kode CSS (CSS Syntax) 
  6. Definisi/Pengertian CSS (Cascading Style Sheet)