Istilah "Google Page Rank" mungkin tidak asing lagi dan sudah sangat familier bagi kalangan blogger, namun bukan berarti bahwa semua blogger terutama para blogger yang masih pemula sudah mengerti dan memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan Google Page Rank dan segasla sesuatu yang berkaitan dengannya, oleh karena itu maka pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang Google Page Rank dan akan berlanjut pada postingan berikutnya mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengannya.

Google Page Rank merupakan sebuah Peringkat / Ranking suatu halaman Blog atau Web yang diberikan oleh Google untuk dijadikan sebagai indikator yang menunjukkan seberapa  penting/populer suatu halaman blog / website menurut Search Engine Google. Google Page Rank juga berfungsi sebagai salah satu acuan / data yang digunakan oleh Search Engine Google dalam menempatkan suatu halama web atau blog ke dalam halaman Hasil Pencarian (SERP) pada mesin pencari Google untuk keyword tertentu.

Setiap halaman suatu Blog dan Website yang terindeks oleh Google akan diberikan peringkat oleh Google (baca: Page Rank), dengan nilai terendah 0 dan tertinggi 10. Adapun pemberian nilai/peringkat (page rank) berdasarkan pada perhitungan / algoritma Google Page Rank yang persisnya hanya diketahui oleh Google.

Adapun Algoritma Google yang digunakan dalam menghitung Page Rank suatu halaman dapat dirumuskan sebagai berikut:
 PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Dimana:
  • PR(A) adalah Pagerank halaman A
  • PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
  • C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
  • d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
  • N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindeks oleh Google)
Berdasarkan rumus tersebut, dapat kita pahami  bahwa Page Rank suatu halaman (A) pada sebuah Blog /Web ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain ditentukan oleh hasil penjumlahan dari semua PR halaman (T1, T2,T3....Tn) yang menempatkan link kepada halaman (A), setelah dibagi dengan jumlah link yang keluar dari halaman tersebut.
Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman (A) dijumlahkan, nilai itu kemudian dikalikan dengan damping factor (d) yang bernilai antara 0 sampai 1..

Adapun untuk mengetahui nilai Page Rank suatu halaman, kita bisa menggunakan tool yang disediakan oleh beberapa website penyedia tool Check Pege Rank antara lain: http://www.prchecker.info/ dan website lainnya yang sejenis
Demikian postingan kali ini mengenai Google Page Rank, semoga bermanfaat.

Artikel lainnya: