File javasript sering kita jumpai dalam template blog kita, walaupun sebenarnya keberadaannya kurang disenangi oleh Search Engine seperti Google  ( baca: menambah beban robots Google dalam merayapi crawl suatu halaman web) namun karena fungsinya yang amat diperlukan maka keberadaannya dalam template blog hampir merupakan suatu keharusan.

Diantara penggunaan javascript yang sering kita jumpai antara lain dalam membuat daftar isi blog secara otomatis atau site map blog, recent posts, related post, serta widget lainnya yang berfungsi untuk mempercantik blog dan fitur lainnya.

Pada postingan saya sebelumnya yang Cara Membuat Daftar Isi Blogger di Widget atau Postingan saya menggunajkan file javascript dengan nama "jual-rebanamarawis-label.js" yang saya upload dengan google code sendiri, sehingga alamat url nya menjadi  http://putra-pendawa.googlecode.com/files/jual-rebanamarawis-label.js. Anda juga bisa rename file tersebut dan meng uploadnya  sendiri ke  google code, sehingga  url file javasript yang anda gunakan dalam template blog Anda mempunyai nama sesuai dengan keinginan Anda.
Silahkan Download file sya tersebut dengan klik disini  kemudian simpan baik -baik, setelah itu rename file dengan cara klik kanan --> rename >> ganti nama sesuai dengan nama Anda.. dan sekarang Anda sudah punya file javasript sendiri yang siap untuk diapload dengan nama: "namaAnda.js"

Adapun cara mengupload  mengupload file javascript dengan hostingan adalah sebagai berikut:
  1. Kunjungi http://code.google.com/hosting/

    Klik Sign in to create new project
  2. Login (sign in) dengan alamat email Anda (@gmail.com), masukkan alamat emai dan pasword, klik sign in
  3. Klik " +  Create a new project"
  4. Isilah form seperti gambar berikut

    no.1 isi dengan nama project misal rebana marawis file
    no.2 isi : keterangan ringkas project, misal: file javasript
    no.3 isi dengan keterangan: file javasript  daftar sisi untuk blog jual rebana marawis.com
    no.4 cheklist dengan cara klik "Mercurial"
    no.5, Source code license, pilih :  GNU GPL v3
    Project Label boleh dikosongkan
    Terakhir Klik "Create Project"
  5. Proses Upload telah selesai, sekarang kita tinggal mendapatkan alamat url dari file javasript yang telash kita upload ke google code adapun caranya adalah sebagai berikut:
  6. Selesai.
Anda sudah mendapatkan Alamat url dari file javasript yang diupload dari hostingan sendiri, sehingga template anda akan relatif lebih aman, karena jika anda memakai file yang diuload dari hostingan orang lain, maka jika sewaktu - waktu file tersebut dihapus oleh pemiliknya, maka Blog Anda akan kehilangan file tersebut dan fungsinya akan hilang, 


Artikel yang lain:
Produk jualan kami: