Selamat datang di blog kami yaitu jual alat musik marawis, rebana, dan hadrah, Pada postingan kali ini saya akan sharing mengenai Tips Memilih/Menentukan URL dan Judul Blog. Setelah kita memperoleh daftar keyword utama yang telah kita uji dengan riset keword ( mengenai tips riset keyword sudah kita ulas pada postingan yang berjudul Tips Riset Keyword yang Efektif ), maka langkah selanjutnya adalah menentukan Judul Blog, URL dan deskripsi blog dengan menggunakan beberapa keyword tersebut.

Keyyword merupakan satu usaha optimasi SEO yg sangat penting karena bagi search engine keyword merupakan aspek yg menunjukkan relevansi content. Tanpa keyword, search engine akan menjadi "buta" karena tidak ada referensi untuk menilai konten blog.

URL Blog
  • URL (Uniform Resource Locator) adalah alamat blog kita yang terdiri dari alamat Url blog (Home Page). misal http://jual-rebanamarawis.com.
    juga alamat url posting, misal: http://jual-rebanamarawis.com/2012/04/tutorial-cara-membuat-blog-seo-friendly.html

  • URL Blog (home page) bisa kita ibaratkan sebuah ID dari blog/situs sehingga dalam membuat URL sangat tergantung dari ketersediaan dari Blogger.com, URL ini dibuat pada saat pertama kali kita mendaftarkan/membuat Blog di blogger.

  • Sedangkan URL halaman ditentukan dari Judul posting pada saat pertama kali kita posting setelah kita mempunyai home page

  • URL memiliki peranan sangat penting terhandap terindexnya suatu blog di SE, dimana URL berfungsi sebagai "narasumber" bagi SE yang menggambaran isi suatu Blog.

Judul (baik judul Blog/blogtitle + judul posting/pagetitle)
  • Judul Blog dan Judul Posting merupakan referensi utama yang akan dibaca/diindex oleh Search Engine (SE) untuk menilai konten suatu blog,
    Dimana judul blog menunjukkan gambaran secara umum mengenai suatu blog secara keseluruhan, sehingga dalam pemilihannya sebaiknya terdiri dari keyword utama yang mewakili suatu blog secara keseluruhan.
    Adapun judul posting merupakan gambaran dari suatu konten postingan/page sehungga dalam pemiihannya sebaiknya terdiri dari keyword yang dapat mewakili isi dari suatu halaman posting.

  • Search Engine (SE) mempunyai keterbatasan dalam membaca Judul Blog + Judul postingan yaitu dengan jumlah karakter maksimal 64 karakter termasuk didalamnya spasi dan karakter penghubung. Sehingga jika kita menuliskan judul blog dan posting terlalu panjang maka judul yang terindex oleh search Engine hanya sampai karakter yang ke - 64, dan sisanya akan terbuang (tidak dianggap/dibaca sebagai judul )
    ( Ket: jumlah 64 ini hanya asumsi yang saya ambil berdasarkan informasi dari sejumlah meta tag analizer yang merekomendasikan tittle tag dengan jumlah maksimal 64 karakter)

  • Pada template blogger default SE akan mengindex Judul Blog terlebih dahulu baru kemudian Judul posting, sehingga jika jumlah karakter keduanya melebihi batas kemampuan SE maka yang akan terpotong adalah karakter judul posting, namun dengan memodifikasi meta tag SE dapat diarahkan untuk membaca judul posting terlebih dahulu.

Berdasakan keterangan diatas, maka saya coba simpulkan
Tips menentukan URL, Judul Blog dan Judul Posting sebagai berikut:
  • Ketika menentukan url, usahakan agar URL mengandung kata keyword utama dari blog,karena url yang kaya dengan kata kunci menyebabkan suatu blog lebih cepat terindex pada SE

  • Ketika kita menuliskan judul Blog, gunakanlah keyword utama blog yang mampu mewakili seluruh isi blog kita, hindari penggunaan kata yang sekiranya tidak penting, apalagi jika kita masih menggunakan templat default blogger maka gunakan kata seminimal mungkin tapi masih mewakili judul blog, lebih baik jangan gunakan keyword yang tidak mewakili seluruh isi blog sehingga kita bisa menempatkan keyword lebih banyak dalam judul posting

  • Ketika kita menuliskan judul posting prioritaskan menggunakan keyword yang lebih penting di awal kalimat, hindari penggunaan kata sambung.

  • Kita bisa melihat apakah seluruh keyword dalam judul posting tersebut dapat dibaca oleh SE atau ada yang terpotong karena melebihi batas maksimal jumlah karakter yang kita tuliskan. cara mudahnya adalah dengan menerbitkan postingan kita dan melihat URL posting tersebut, apakah semua kata nya masuk dalam URL atau ada kata yang terpotong.

  • Perlu diperhatikan bahwa URL blog pada platform Blogger tidak dapat dikostumisasi/diedit kembali. Jika kata-kata di bagian belakang judul post, terputus di tengah-tengah, maka untuk mengubah URL tersebut hanya bisa dilakukan dengan cara membuat posting baru lagi dan menghapus posting yang lama( tapi hal ini sangat tidak disarankan, karena bisa berpengaruh terhadap kesehatan blog kita)