tutorial blogspot
Selamat datang di blog dagangan kami yaitu jual alat musik marawis, rebana qosidah, hadrah, serta aneka bass hadroh. Pada posting kali ini saya akan menulis sebuah tutorial blogspot mengenai CARA MUDAH MEMBUAT BLOG DI BLOGSPOT yang disediakan secara gratis oleh blogger.com, tulisan ini saya buat dengan tujuan sebagai arsip pembelajaran saya, untuk mengingat kembali jika sewaktu -waktu saya membutuhkan kembali maka saya dapat menemukan dengan mudah. disamping saya juga berharap bahwa tulisan ini dapat bermanfaat buat para pembaca yang bermaksud untuk membuat sebuah blog di blogspot.

Sebelum memulai tutorial mengenai langkah - langkah pembuatan blog, mungkin sebaiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan blob. Blog merupakan singkatan dari web log merupakan bentuk aplikasi web yang meberupa kumpulan dari tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web secara umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Pada dasarnya Blog tidak jauh berbeda dengan website, yang membedakannya adalah jika website hanyalah situs yang menyediakan informasi satu arah bagi pengunjungnya, sedangkan blog atau webblog menyediakan informasi secara dua arah, jadi para pengunjung bisa berinteraksi dengan pengelola blog antara lain pengunjung dapat memberikan komentar tentang artikel yang disajikan oleh pengelola blog itu. Adapun yang dimaksu dengan Blogger adalah orang yang mempunyai aktifitas membuat, dan memelihara Sebuah Blog, atau orang yang mempunyai dan mengelola blog.

Baiklah sekarang kita kembali ke topik utama kali ini yaitu membuat blog di blogger.com, berikut ini adalah langkah - langkah membuat blog:.
  1. Langkah pertama sebelum kita membuat sebuah blog adalah menyiapkan akun email di google terlebih dahulu yang kita gunakan untuk mendaftarkan blog yang akan kita buat. Bagi yang belum punya akun email di google silahkan membuat nya terlebih dahulu, untuk panduannya silahkan baca artikel membuat akun email google yang sudah banyak dikupas oleh para blogger (silahkan searching di google)

  2. Langkah kedua adalah mendaftar ke blogger.com dengan cara mengunjungi link www.blogger.com
    pastikan muncul menu seperti pada gambar berikut:

    Kemudian Klik (Pilih) tombol Start (memulai) yang berwarna orange yang terletak di atas

  3. kemudian isilah formulir yang akan tampak seperti gambar berikut:
    gambar di atas hanyalah sebuah contoh contoh, untuk selanjutnya form tersebut diisi sesuai dengan data yang kita miliki, berikut ini keterangannya:

    • pada kolom alamat email : masukan alamat email yang sudah kita siapkan
    • ketik ulang alamat email : masukan lagi email yang sama seperti diatas
    • masukan sebuah password : masukkan password (minimal 8 karakter, bisa huruf bisa angka)
    • ketikan ulang password : masukan lagi password yang telah kita masukan sama dengan yang di atas
    • Nama tampilan : isi dengan nama yang akan kita tampilkan sebagai pemilik posting, artikel yang kamu buat nanti)
    • verifikasi : ketikkan karakter yang terdapat pada gambar yang terdapat di atas kolom.
    • jika sudah diisi semua lalu klik Tombol "Lanjutkan" (berupa tanda panah berwarna orange)

  4. Selanjutnya akan muncul formulir untuk melengkapi alamat ( URL ) dan judul blog
    isilah Judul Blog dan Alamat (URL) blog sesuai dengan keinginan kita, untuk url tidak boleh menggunakan spasi. Karena URL merupakan alamat / ID suatu Blog, maka alamat URL haruslah Unik dan belum dipakai oleh orang lain, jadi jika alamat yang kita inginkan sudah dipakai oleh orang lain, maka alamat tersebut tidak bisa kita gunakan ( tidak tersedia) oleh karena itu setelah kita menuliskan URL kita cek tombol "ketersediaan", jika tidak tersedia, maka cari alamat lain dengan mengkobinasikan tanda "-" atau membolak balik kata dsb.
    Jika sudah selesai menentukan judul dan alamat blog, silahkan klik tombol "lanjutkan"

  5. Kemudian akan tampil halaman untuk menentukan template blog, seperti gambar:
    kita pilih template yang sesuai dengan selera kita, atau kita bisa mengubahnya nanti
    Kemudian klik tombol "Lanjutkan"

  6. Perhatikan gambar berikut:

    Klik Tombol "mulai Blogging" maka Blog sudah Jadi, dan kita sudah siap untuk mulai menulis artikel/posting kita

Langkah - langkah tersebut diatas Dalam postingan CARA MUDAH MEMBUAT BLOG DI BLOGSPOT kali ini hanyalah langkah secara "teknis" dalam membuat Blog, Namun agar Blog yang kita buat itu hasilnya memuaskan dan kita berharap agar blog kita nantinya dapat menarik banyak pengunjung atau mempunyai trafik yang tinggi maka diperlukan perencanaan yang lebih matang dengan memperhatikan teknik/tips "SEO". untuk itu sebaiknya Anda baca artikel Tutorial Cara Membuat Blog SEO Friendly

Artikel lainnya: