Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara memasanag alexa rank widget di blog khusnya dalam blogspot

Hampir semua blogger memasang alexa wiget pada blognya, walaupun sebagian lagi ada yang memasang widget alexa ini, tapi dia tidak menampilkannya atau menyembunyikan widget ini, (memang ada tips tersendiri untuk tidak menampilkan widget tertentu yang akan kita bahas pada postingan berikutnya)

Sebelum kita membahas bagaimana cara memasang widget Alexa, terlebih dahulu saya akan mngulas sedikit mengenai pengertian, fungsi dan manfaatnya bagi suatu Blog.

Alexa atau Alexa Rank merupakan sebuah peringkat atau Ranking yang dibuat oleh Alexa.com untuk web / blog yang didasarkan kepada banyaknya trafik atau kunjungan terhadap website atau blog dalam rentang waktu tertentu, dimana data trafik atau kunjungan yang dijadikan dasar untuk meranking tersebut diperoleh dari pengguna internet yang memasang Toolbar alexa pada browser internet mereka juga berdasarkan Widget yang dipasang pada suatu Web/Blog.

Adapun cara penilain dari Alexa.com kira - kira hampir sama dengan peringkat lainnya, yaitu Suatu web/blog yang mempunyai kunjungan (Visitor dan Pageview) paling banyak maka akan mendapat peringkat 1, disusul peringkat 2, 3, dan seterusnya, dari sini dapat kita katakan bahwa semakin banyak kunjungan, maka angka yang tampil pada alexa rank (peringkat) akan semakin kecil, dan sebaliknya semakin besar Alexa Rank berarti bahwa traffik kunjungan nya semakin kecil.

Berdasarkan uraian diatas maka dapat kita simpulkan bahwa Alexa rank suatu Web/blog dapat berfungsi sebagai indikator terhadap tingginya traffik kunjungan atau ramainya pengunjung/visitor pada blog tersebut.

Sehingga sebagian besar Web - penghasil uang seperti Teks Link ads, Blogrevew, Sponsored Review, ReviewMe, ask2link serta web-web penghasil uang lainnya menjadikan alexa rank sebagai tolok ukur dan mereka menetapkan standard tertentu berdasarkan dari Alexa Rank suatu Blog/web. Jadi jika suatu Web/blog mempunyai Alexa Rank yang semakin kecil maka akas semakin terbuka peluang untuk mendapatkan penghasilkan yang tinggi.

Adapun bagi Blog pribadi yang tidak diperuntukan mencari penghasilan lewat Blog, biasanya Alexa Rank itu hanya sebagai Gengi, sekaligus indikator seberapa besar blognya tersebut banyak diminati, dan diterima dikalangan para pengguna internet.

Sedangkan manfaat dari memasang widget ini adalah untuk memberikan akses kepada mesin alexa.com untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai jumlah pengunjung serta Page view (halaman yang di lihat) suatu Web/Blog sehingga Blog kita mendapat Alexa rank yang akurat.

Untuk memasang, Langkah pertama adalah mengambil Kode HTML Widget Alexa dari situs alexa.com, langkah - langkah nya adalah sebagai berikut:
  1. Kunjungi Situs alexa, silahkan klik disini
  2. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini,
  3. Isilah alamat url Blog yang akan kita kasih widget Alexa kolom yang tersedia, misal www,jual-rebanamarawis.com kemudian klik tombol "Built Widget"
  4. Ada 3 ukuran widget yang bisa anda pilih, copy kode yang ada di sampingnya lalu paste pada notepad atau text editor lainnya. Simpan kode tersebut di komputer anda untuk nanti di masukan ke blog.
Langkah Berikutnya adalah memasukkah kode yang sudah kita peroleh tadi ke dalam widget blog kita, maka lankah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Login ke akun blogger Anda
  2. Klik menu rancangan.
  3. tambah widget / Tambah Gadget ( dengan cara di klik) pada posisi yang Anda inginkan.
  4. Berikutnya akan muncul jendela untuk menabahkan widget, pilih widget "HTML/JavaScript."Seperti pada gambar berikut:

    Klik tanda Plus (+) (perhatikan tanda panah merah) di samping tulisan HTML/JavaScript.
  5. Paste kode Widged Alexa yang diperoleh pada langkah pertama diatas.
  6. Klik tombol "Simpan" dan lihat hasilnya
Demikian uraian mengenai tips bagaimana cara memasang widget alexa kedalam blog blogspot, mudah mudahan bermanfaat. terima kasih.

Artikel lainnya: