Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai bagaimana Cara Daftar/Claim dan Verifikasi Blog di Alexa, adapun mengenai pengertian alexa, manfaat serta cara memasang widget alexa telah kita bahas sebelumnya yaitu pada postingan yang berjudul Cara Memasang widget alexa di blog (blogspot) Agar blog/website kita mendapatkan perhatian dari Alexa.com, usaha yang dapat kita lakukan antara lain dengan cara memasang widget alexa ke dalam blog kita dan sekaligus mendaftarkan / claim blog kita ke situs alexa, sehingga Alexa dapat lebih mudah dalam mengakses serta mendapatkan data/informasi yang dibutuhkan dari blog kita dalam rangka untuk memberikan peringkat Alexa yang lebih akurat. Adapun langkah - langkah yang diperlukan untuk mendaftarkan / claim blog ke situs alexa adalah sebagai berikut:
  1. Kunjungi Situs alexa atau kilik www.Alexa.com kemudian di pojok kanan atas ada tampilan menu "Log In or Create an Account" klik menu "Create an Account" untuk mendaftar/membuat akun terlebih dahulu, kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut:

    Masukkan Alamat e-mail dan nama kita, dan dilanjutkan dengan klik tombol "register" login ke alamat email kita kemudian cari email yang masuk dari alexa.com, kemudian klik verifikasi email untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Langkah berikutnya adalah setting password yang akan kita gunakan untuk login di alexa.. masukkan password tersebut dua kali,  lalu klik tombol Submit Password
  3. Langkah selanjutnya cari dan klik link yang menuju ke "Dashboard" kemudian klik "Site Tool" kemudian cari dan klik "Claim Your Site"
  4. Kemudian muncul tampilan seperti gambar berikut ini:

    masukan alamat (URL) blog kita (ket gb.No.1) tanpa http:www. contoh: jual-rebanamarawis.com Langkah selanjutnya klik tombol "Claim your site (ket gb.No.2),
  5. Berikutnya akan muncul tampilan berupa 3 pilihan jenis akun alexa, kita pilih yang free bila ingin mengclaim / verifikasi gratis namun fitur yang ada sangat terbatas. untuk memilih yang gratis, silahkan lihat dan cari gambar yang seperti ini:Klik "Sign Up"
  6. Untuk Verifikasi pada hostingan gratis Blogspot, perhatikan gambar berikut:

    kita pilih verifikasi dengan cara mengcopy Meta Tag Verifikasi dan meletakkannya pada Dashboard -- edit HTML kemudian Paste Meta Tag tersebut di antara kode  head dan body kemudian "Simpan Template"
  7. Setelah kita Simpan Template pada langkah no 6, kemudian klik tombol "Verivy my ID" seperti pada bagian bawah gambar pada langkah 6
Demikianlah uraian mengenai cara daftar/claim Blog pada Alexa, semoga bermanfaat.