alat musik marawis

Marawis merpakan salah satu jenis "band tepuk" dengan perkusi sebagai alat musik utamanya. Pada umumnya alat musik marawis yang biasa digunakan terdiri dari :
  • Marawis
    Merupakan gendang kecil berdiameter 20 Cm dengan tinggi 19 Cm. Alat ini terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi dalat inilah yang menjadi ciri khas dari musik jenis ini, sehingga musik jenis ini pun disebut dengan Marawis.
  • Hajir disebut juga hajir marawis
    Merupakan sebuah Gendang yang berukuran diameter 45 Cm dengan tinggi 60-70 cm,
    Alat ini terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi sehingga berbentuk mirip sebuah tabung. Kedua bagian ujungnya ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai selaput / memberan. Adapun kulit binatang yang biasa digunakan adalah kulit kambing atau domba.
  • Dumbuk Pinggang
    Dumbuk merupakan alat musik sejenis gendang yang berbentuk mirip dandang, Bagian tengah dan kedua ujungnya memliki diameter yang berbeda - beda, diameter terbesar pada ujung yang detutup dengan selaput/membrean dari mika, kemudian disusul bagian ujung yang terbuka, sedangkan pada bagian tengah memiliki diameter terkecil. adapun disebut dumbuk pinggang karena dalam penggunaannya alat ini diletakkan di pinggang.
  • Dumbuk Batu
    Bentuk alat ini mirip dengan dumbuk pinggang, hanya saja mempunyai ukuran yang sedikit lebih besar. adapun disebut dumbuk batu karena konon pada awalnya terbuat dari batu.

  • Simbal dan Tamborin
    kadang kala musik marawis dilengkapi dengan tamborin atau krecek dan [Symbal] yang berdiameter kecil dimana kedua alat ini digabungkan menjadi satu kesatuan

Seiring dengan perkembangan musik marawis di tanah air, yang berarti semakin banyak peminat dan pecinta musik ini dan semakin banyak pula group-group marawis yang bermunculan dari berbagai kalangan masyarakat di seluruh wilayah nusantara. Hal tersebut menyebabkan semakin meningkatnya kebutuhan/permintaan alat musik marawis ini.

Untuk memenuhi kebutuhan / permintaan tersebut, maka para pengrajin alat musik pun berusaha untuk meningkatkan hasil produksinya baik dari segi kuantitas maupun kualitas termasuk dengan cara memadukan unsur seni dan keindahan antara lain seni batik, seni ukir dan lainnya. Sehingga berdasarkan proses pembuatannya maka muncullah jenis - jenis motif sebagai berikut:
  • Marawis Polos ( warna natural)
  • Marawis Batik dengan Kulit polos
  • Marawis Batik dengan kulit di lukis
  • Marawis Ukir
  • dll.

Informasi mengenai penjualan alat musik islami silahkan chat dengan CS kami di no WA yang sudah tertera di website ini atau klik tombol WA di pojok kanan bawah

produk alat musik islami kami antara lain: